}

Selamat Datang

kritik dan saran dari pembaca sangat kami butuhkan
"kripik pedas itu enak"

Friday 6 May 2011

Belah Duren (arti sesungguhnya) :D

     Pertama kali baca judul ini teringat lirik lagu yang sering diputer2 di pasar, pinggir jalan dan kadang2 di angkutan umum. Jujur sebenere kalau didengarkan tidaklah baik liriknya, terlalu vulgar. Bukan untuk konsumsi anak-anak bahkan untuk dewasa pun lirik lagu itu tidaklah pas. Menurut saya pribadi lo ya…

     Saya disini tidak akan membahas lagu itu, terlalu beresiko (hehehehe, emang apaan ya resikonya, mboh lah). Tapi ini belah duren yang beneran…..hm….emang selama ini emang ada ya “belah duren” jadi-jadi an, *) :mikir…padahal diatas udah disinggung-singgung.dasar…tyuing tyuing tyuing….

     Bulan april tahun ini, tahun rong ngewu sewelas, kotabumi dan sekitarnya mulai terasa bau menyengatnya durian. Meskipun belum sebanyak tahun kemaren, karena belum bener2 musim durian. Di beberapa sisi pingir jalan mulai ada para penjual buka lapaknya, biasanya penjual-penjual ini 24 jam buka lapaknya. Termasuk ada juga penjual yang berada di dekat kos kami. Tepatnya diperempatan, keluar gerbang kos belok kiri, ketemu perempatan, di situlah ada rumah tepat dipojokan perempatan itu.


     Sore itu, sabtu tanngal 2 April 2011, sepulang dari maen2 ke “ladang” (maaf, ladang di sini saya artikan seperti tulisan2 saya sebelumnya, udah biasa nyebut ladang. Ladang tempat mengais rejeki). Pulang berdua sama iyon (nama disamarkan, soalnya belum ijin sama yang punya nama), jangan mikir ngeres, iyon itu cowok dan saya juga bukan maho.

     Sebelum pulang ke rumah mampir dulu ke RM put** minan*, beli dulu nasi bungkus buat makan malam sebab kalau sudah sampe kos mau keluar lagi males. Lanjutkan perjalanan (wihhhh seperti perjalanan jauh aja, padahal cuma sekitar 1 kilo dari ladang ke kos an), karena terangsang sama bau nya mampirlah kami ke penjual durian. Turun dari motor, pasang standard motor, gabunglah kami sama penjual dan para pembeli. Ikutlah kami dalam suasana membolak balik tuh buah, padahal gak tau apa maksud kami ikut membolak balik buah (mungkin biar kelihatan kami bisa memilih buah yang sudah matang) toh akhirnya kami minta tolong penjualnya buat milihin duriannya, pada bae. Tanya jawab pun tak terelakkan (sebenernya yang cocok itu tawar menawar, cuma mau pencet backspace males, mesti ada yang bilang “gaya tenan kowe”. Terserah gw dong..ups ojo nesu, tak kandani ora percoyo-jare sule- dan tidaklah nyambung sama sekali yang saya tulis ini. sepurane)….

     Sebentar aja tawar menawar nya, soalnya kami juga gak bisa mau menawar gimana. Yang kami bayar sesuai dengan harga awal (percuma dong nawarnya, eman2 karo ababe). Milih juga kagak bisa, sang penjualah akhirnya yang memilihkan buah mana yang harus kami ambil. Akhirnya kami ambil 2 biji trus kami bawa pulang, mau dimakan di kos an saja.

     Nyampai kos beberapa menit sebelum maghrib. Waktu itu di kos penghuninya ada 3 orang, karena 1 orang lagi jalan ke karang ke tempat budhe nya (seingatku begitu). Langsung saja saya mulai pembantaian tuh durian “belah duren”. Baru dapat beberapa biji aja eh lampu mati, gelap2an wes. Saat itu juga waktu sholat maghrib udah masuk. Berhentilah acara belah duren ( maghrib bos, mosok maghrib2 belah duren, gak enak sama tetangga). Selesai maghrib meskipun gelap2an kita teruskan pembantaiannya. Cuma bedua aja, sama iyon, satu orang (mas BK) orangnya gak doyan ama durian, tapi sudah da peningkatan, dulu bau nya aja gak mau, sekarang sudah mulai adaptasi. Satu biji lagi kami buka habis isya’.

     Buah yang pertama tadi ok, belah nya mudah tanpa harus mengeluarkan tenaga banyak, dan udah layak dimakan dan rasanya hm…tidak dapat digambarkan dengan kata2.hehehehe. Giliran buah yang kedua susah bener belahnya, padahal sebelumnya sudah dibuatin jalan oleh si penjual. Waktu itu lampu masih mati dengan ditemani sebuah lilin. Berdua sama si Iyon berpikir sejenak, gimana ne cara belahnya. Liat2 di lemari nyari pisau gak ketemu akhirnya dapetnya cutter ( aneh banget kan, belah durian yang keras nya seperti itu pake cutter, cutter yang kecil lagi, malahan cuma pake isi cutter aja, tanpa ada pegangannya itu), kita bikin jalannya dulu, nerusin jalan yang sudah di buat si penjual. Yang sudah agak kebuka kami taruh sendok di situ biar gak nutup lagi dan buat jalannya biar lebih mudah. Kami terusin sedikit demi sedikit, hasilnya sama aja, ancur tuh durian.

     Ternyata jalan yang dibuat oleh si penjual salah. Mau gak mau kami pun harus lebih sabar, sedikit2 kulit durian kami potong pake cutter. Malem2 pas mati lampu cengingisan gak jelas, teringat waktu dikampung waktu bantu “nyiseti” kulit hewan kurban, ya seperti itulah kami menggarap tuh durian. Aneh banget. Mungkin butuh waktu sejam lebih kami belahnya, mas BK yang keluar dari kamarnya bilang sudah habis satu film kok belum selesai juga pembataiannya. Itupun yang bisa kami nikmati cuma beberapa biji aja, yang lain tidak layak dimakan. dasar...bisanya cuma makan aja..hahaha

Dibawah ini adalah hasil pembantaian kami pada durian yang kedua dan alat2 yang kami gunakan.




saran :
  1. Pilihlah buah yang sudah bener2 masak, kalau gak bisa milih ajak temen yang bisa milih atau belinya di penjual yang bisa dipercaya.
  2. Gunakan peralatan yang steril dan memadai, kecuali tidak ada alat yang wajar yang bisa digunakan.
  3. Belahnya ikuti jalur yang sudah ada.
  4. Jangan pernah mencoba mengikuti seperti yang kami lakukan.
  5. Yang ke empat, kelima, ke enam, dan seterusnya silakan isi sendiri. :hwekekkkkkkkkk




Gambar ini saya copy dari foto di wall fb saya yang di tag temen saya yang kebetulan malem itu dia ambil gambarnya. 







by :apep.emdeje
4 April 2011 

No comments:

Post a Comment