}

Selamat Datang

kritik dan saran dari pembaca sangat kami butuhkan
"kripik pedas itu enak"

Saturday 14 May 2011

Berwudhu Sebelum Tidur

     Sebuah hadits Rosululloh yang berbunyi : “Ath-thahuuru syatrul iimaan…” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi) yang artinya kurang lebih  “Bersuci [thaharah] itu setengah daripada iman….”


    Dari hadits itu dapat kita ambil pelajaran bahwa Islam adalah agama yang suka dengan kebersihan. Dengan besuci maka kita akan bersih.


    Teringat saat kita masih kecil. Gosok gigi, cuci tangan, cuci kaki, dan cuci muka sebelum tidur. Dan sekarang pun himbauan untuk melakukannya pun masih ada. Orang tua yang menyuruh anak-anaknya, atau saya nyuruh adik2 saya, sepupu-sepupu saya, atau keponakan-keponakan saya, atau diri anda ke anda sendiri, atau yang sudah punya pasangan ke pasangannya (suami istri), atau anak2 muda sekarang kalau habis telpon atau sms ke pacarnya (saya nulis seperti itu bukan berarti saya setuju dengan pendapat orang-orang yang memperbolehkan pacaran).



    Alangkah baiknya himbauan itu sedikit di lengkapi, ditambahin lagi lah, disempurnakan, yaitu dengan berwudhu. "Berwudhu sebelum tidur". Kan di dalam wudhu kita juga berkumur, membasuh muka, tangan , dan kaki, bahkan lebih lengkap lagi. Gak ada salahnya kan untuk sedikit melengkapi.


    Dan kita mungkin sebagian tahu, kalau kita tidur dalam keadaan suci maka para malaikat akan mendoakan kita sampe kita terbangun lagi. Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)



Islam itu bersih, suka dengan kebersihan
Islam itu indah, suka dengan keindahan
Islam itu damai, suka dengan perdamaian
Islam itu rahmatallil’alamin, rahmat bagi seluruh alam




sumber gambar : http://abangdani.wordpress.com




 by : apep.emdeje
14 Mei 2011
16.58 WIB

No comments:

Post a Comment