}

Selamat Datang

kritik dan saran dari pembaca sangat kami butuhkan
"kripik pedas itu enak"

Wednesday 30 March 2011

4 Pertanyaan di Akhirat

Bismillah,
Saya mencoba untuk menulis dan berbagi disini. Tulisan ini saya buat setelah membaca beberapa buku, blog, web dan mendengarkan ceramah beberapa orang sholeh. Sebagian yang saya tulis ini adalah pendapat saya dan sebagian lain mengutip isi dari yang saya baca atau yang saya dengar….so, kalau ada salah atas tulisan ini mohon dibetulkan, karena jujur saya masih sangatlah minim dan dangkal pengetahuan tentang agama.

Semua makluk Alloh yang beriman pasti akan meyakini bahwa suatu saat nanti kematian akan menghampirinya, tak ada yang tahu kapan waktu itu akan datang kecuali Alloh. Semua itu akan menuju dan berujung pada alam yang sering kita sebut akhirat. Dunia inilah tempat untuk mempersiapkan bekal perjalanan kita yang masih panjang untuk menuju alam kekal yang telah dijanjikan Alloh ta’ala.

Pagi tadi, waktu sambil tidur2an di depan TV, ada kawan yang mengubah channel nya ke stasiun TV lokal di daerah dimana saat ini saya tinggal, ada acara kajian rutin setiap pagi. Ustadz menyebutkan sebuah hadits Rosululloh yang inti dari isinya yaitu 4 pertanyaan di akhirat. Sungguh sangat disayangkan pagi itu di mata ini sudah begitu banyaknya setan bergelantungan, ngantuk banget. Sehingga apa yang dikatakan ustadz pengisi kajian tidak begitu bisa saya ikuti. Kalah sama setan yang membawa rasa ngantuk.

Sampai di tempat kerja saya kepikiran apa yang dikatakan ustadz tadi pagi. Akhirnya saya mencoba untuk browsing-browsing mencari hadits tersebut. Alhamdulillah, saya menemukan beberapa postingan di internet tentang hadits tersebut. Kisi-kisi dari Rosululloh yang perlu kita siapkan jawabannya mulai dari detik sekarang. 

Dalam sebuah hadits Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ad Darimi yang menurut Syaikh Al Albani hadits ini adalah hadits shohih, yang berbunyiTidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba (menuju batas shiratul mustaqim) sehingga ia ditanya tentang umurnya, untuk apa ia habiskan, ilmunya untuk apa ia amalkan, hartanya darimana ia peroleh dan kemana ia habiskan, dan badannya untuk apa ia gunakan.” 


Melihat dan membaca bunyi hadits di atas. Terlihat begitu cintanya Rosululloh pada umatnya. Rosululloh tidak ingin umatnya nanti merasakan azab yang begitu pedih. Rosululloh telah memberikan kisi-kisi pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan di akhirat. Mari jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut kita persiapkan. Persiapkan mulai dari sekarang. Gak usah menunggu sampai besok karena waktu semakin berkurang. Seperti kita waktu sekolah, pasti kita minta kisi-kisi apa saja yang akan diujikan jauh-jauh hari sebelum hari H-nya. Itu semua agar kita mempunyai waktu yang cukup untuk mempersiapkan jawabannya. 

Pertanyaan yang pertama yaitu umurnya yang dihabiskan untuk apa. Kita di dunia ini di beri waktu 24 jam dalam sehari, bagi sebagian orang waktu tersebut sangatlah pendek namun tak sedikit juga yang sebaliknya. Seperti apa itu pandangan orang namun sebaiknya kita manfaatkan saja dengan sunguh-sunguh waktu yang telah diberikan Alloh kepada kita, toh kita juga gak bisa memperpanjang ataupun memperpendek waktu. Mari dimulai dari sekarang :D

Pertanyaan yang kedua yaitu ilmunya untuk apa ia amalkan. Ilmu sebagai dasar kita untuk beribadah di dunia ini, ibadah tanpa ilmu akan berkurang bahkan hilang pahalanya. Ilmu juga kita gunakan untuk keperluan keseharian kita. Bagaimana cara kita bermuamalah dengan sesama. Menyikapi nikmat-nikmat Alloh yang telah diberikan. Pergunakan ilmu dengan benar dan carilah ilmu dengan sungguh-sungguh. Di jaman sekarang ini, orang banyak tahu tentang kewajiban sholat, namun malas-malasan untuk menunaikannya bahkan meninggalkannya. Orang tahu tentang ilmu zakat, namun enggan untuk menunaikannya dan memperdalaminya. Orang tahu tentang ilmu dilarangnya mencuri, namun tetep saja tidak meninggalkannya. Orang tahu ilmu haramnya berzina, namun enggan meninggalkannya. Orang yang diberi kecerdasan dan otak yang pintar, namun digunakan untuk bermaksiat. naudzubillah
Monggo kita manfaatkan/amalkan ilmu yang sudah kida dapatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya dan mari kita tingkatkan tolabul 'ilmi kita. Yang punya ilmu monggo di share, insyaAlloh akan bermanfaat bagi lainnya dan dirinya sendiri.

Pertanyaan yang ketiga yaitu dari mana dan untuk apa harta kita. Di akhirat nanti kita akan ditanya dari mana harta kita diperoleh, dari jalan yang halal ataukah dari jalan yang haram. Selain itu harta yang kita peroleh juga akan ditanya untuk apa harta itu kita belanjakan. Dibelanjakan di jalan Alloh, untuk kemaslahatan umat dan kejayaan agamnya, atau digunakan untuk bermaksiat, menentang perintah Alloh. Mari isi umur kita dengan beramal/ bekerja dengan sungguh-sungguh dan ikhlas sehingga tujuan untuk mendapatkan ridho-Nya bisa tercapai.

Pertanyaan yang terakhir adalah badan ini kita gunakan untuk apa. Manusia adalah makhluk Alloh yang paling sempurna dibanding makhluk-makhluk Alloh yang lain. Manusia di beri akal, untuk apakah akal itu digunakan, untuk kemaslahatan umat atau hanya untuk mengakali ketentuan-ketentuan yang ditetapkan Alloh. Kita diberi kekuatan apakah untuk berjuang di jalan Alloh atau untuk kepentingan pribadi yang merugikan sekeliling kita dan jauh dari tuntutan Alloh dan Rosul-Nya. Yang sudah diberi nikmat pendengaran, mari kita dengarkan yang baik-baik. Yang sudah diberi nikmat tangan, mari gunakan tangan untuk menjalankan perintah Alloh. Yang sudah diberi nikmat kaki, mari gunakan kaki untuk melangkah ke jalan yang diridhoi Alloh. Mari dan mari manfaatkan dan gunakan semua nikmat yang telah Alloh berikan.

Alhamdulillah kita masih diberi nikmat sehat oleh Alloh, kehidupan masih tetap kita jalani dengan ijin-Nya. Berarti Alloh ta’ala masih memberikan waktu pada kita semua untuk mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan di akhirat kelak. Persiapkan dirimu SAUDARA-SAUDARA!!!




*) just my opinion, anak yang masih perlu banyak belajar ilmu agama

sumber gambar : http://kebunhidayah.wordpress.com



30/03/2011
apep.emdeje

2 comments:

  1. Ass.
    Wah keren blognya serta kontennya, sangat bermanfaat bagi pembaca dan penikmat blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam...
      terima kasih pak. semoga bisa istiqomah

      Delete