}

Selamat Datang

kritik dan saran dari pembaca sangat kami butuhkan
"kripik pedas itu enak"

Thursday 21 October 2010

"OC" dulu kukenal begitu asing

Pertama kali ditunjuk sebagai Operator Console oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotabumi  tanggal 4 januari 2010 menggantikan temen yang diterima DIII Khusus. Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan mau menjadi Operator Console, bagaimana pekerjaan sebagai Operator Console, dan sama sekali belum punya dasar apapun di bidang tersebut, mau tidak mau setiap harus harus belajar sedikit-sedikit dari Operator Console satunya yang lebih berpengalaman.Di SK penunjukan oleh Kepala Kantor tersebut saya ditunjuk sebagai Operator Console Sismiop (karena di kantor kami dibagi menjadi Operator Console SIPMOD dan Operator Console Sismiop tetapi untuk menyelesaikan pekerjaan kita tetap bersama-sama),

Pengalaman pertama menjadi Operator Console langsung disuguhi dengan pemekaran wilayah. Pemekaran wilayah tersebut untuk kebutuhan cetak massal 2010, mungkin agak terlambat karena memang data yang kami terima dari pihak pemerintah daerah setempat agak telat, malahan sebagian belum ada. Pemekaran wilayah ini terdiri dari pembentukan kabupaten baru, pemindahan/pemekaran/pembentukan kecamatan, dan pemindahan/pemekaran/pembentukan kelurahan. Berdasarkan berkas yang kita peroleh dari pemerintah daerah tersebut (sebagian dikirim sebagian kita ambil sendiri ke pegawai pemda maupun kecamatan terkait) kita buat pemetaanya agar lebih mudah dari proses pemekarannya karena data yang dikirim sebagian besar masih belum urut sesuai NOP.
Mengerjakan pemekaran wilayah berbarengan dengan mengerjakan cetak massal. Sebelum cetak massal kami juga masih merekam SPOP/LSPOP hasil pendataan yang belum selesai (pembentukan dan pemeliharaan sekitar  148 ribu Objek Pajak). Karena segitu banyaknya Objek Pajak dan tenaga diseksi PDI cuma  4 orang (termasuk 2 Operator Console ) bertepatan juga dengan mulai masuknya SPT Tahunan maka untuk mempercepat selesainya perekaman dan validasi SPOP/LSPOP kami meminta bantuan tenaga honorer yang ada dikantor dan sebagian lagi mengambil tenaga dari luar. Proses cetak massal untuk tahun 2010 kita kerjakan sama-sama dengan Seksi Pelayanan( perlu diketahui kantor kami menangani 6 kabupaten yang total SPPT yang terbit sekitar 870an ribu dan yang manual sekitar 12an ribu).
Selain mengerjakan berkas-berkas permohonan PBB  saya juga masih mengerjakan kerjaan saya yang lama (sebelum menjadi Operator Console) berupa perekaman spt masa maupun tahunan, sebagai kompilator bahan rapim maupun rakorda serta laporan non-berkala yang diminta kanwil maupun kantor pusat, segala macam laporan yang berhubungan penerimaan, laporan ini berupa laporan rutin maupun isidentil, dan tidak jarang juga sewaktu-waktu kepala seksi maupun kepala kantor minta dibuatkan laporan penerimaan terupdate. Operator Console harus selalu ada di kantor, berangkat pagi dan pulangnya selalu terakhir dan kadang-kadang harus menginap di kantor. Kadang-kadang serasa dikejar-kejar kalau lagi ada Wajib Pajak yang memaksa untuk menyelesaikan permohonan dia apalagi ada pihak dalam juga yang ikut, padahal berkas yang lebih dulu masuk masih ada.
Susahnya kalau Operator Console satunya lagi Cuti atau Dinas Luar dan pada saat itu ada aplikasi atau computer yang error dan setelah saya coba otak-atik, pegang sini pegang sana(emang apaan dipegang-pegang..hehehehe) tetep gak da perubahan, disitulah saya mulai mencoba sama temen-teman melalui forum yang kami buat untuk sama-sama memecahkan masalah yang dihadapi, kalaupun di situ gak bias baru pake jurus pencet tombol telepon, langsung aja hubungi kantor pusat…hehehehe.
Namun dengan ditunjuknya saya sebagai Operator Console sedikit-sedikit menambah pengetahuan saya tentang komputer yang sebelumnya saya sama sekali gak  tahu tentang komputer. Motherboard, lan card, kabel utp, ram, hard disk, VGA, jaringan dll sama sekali dulu kalau ditanya cuma noleh kanan kiri…Alhamdulillah sekarang sedikit-sedikit sudah tahu.tapi tetep kalau ditanya atau memperbaiki computer pegawai yang lagi hang yang menangani masih Operator Console senior, kecuali kalau dia sibuk banget baru saya mencoba untuk memegang-megang siapa tahu ada perubahan(bisa jalan normal lagi) hehehehehe..
Mungkin itu saja pengalaman yang bisa saya tulis, semoga selalu dimudahkan dalam menjalankan tugas sebagai Operator Console, ikhlas menjalaninya dan bermanfaat bagi semuanya…”JAYA TERUS DJP” ku!!!!!!!!!!

1 comment:

  1. Salam.
    Saya juga OC sekarang sudah hampir 2 tahun di kantor baru. Baru masuk kantor langsung ditunjuk jadi OC menggantikan OC lama yg mutasi.

    Mas percaya ada "aura OC'?

    ReplyDelete